Marah = Bunuh Diri

Mungkin hampir setiap manusia yang ada di dunia ini pernah mengalami suatu kondisi marah, termasuk penulis sendiri.

Terkadang marah itu datang akibat adanya penyebab yang apabila kita fikir secara sadar dan sehat penyebab itu seharusnya kita tidak perlu marah. Betapa banyak orang karena masalah sepele tidak dapat menahan emosinya dan meluapkan kemarahannya dalam berbagai bentuk negatif. Seorang suami tega membakar istrinya hanya lantaran sering ditinggal istrinya kerja di luar kota, mengerikan bukan?

Ada lagi seorang ibu tega membunuh anaknya sendiri hanya karena perilaku anaknya yang menjengkelkan, memilukan bukan?

Fenomena tersebut di atas merupakan dua contoh kisah manusia yang tidak dapat mengendalikan emosi yang pada akhirnya meluapkan kemarahanya dalam berbagai bentuk negatif. Betapa sangat besar bahaya yang ditimbulkan akibat marah, baik terhadap diri kita sendiri ataupun terhadap orang lain, oleh karena itu, Rasulullah SAW, mengingatkan kepada kita untuk tidak marah. Ali bin Abi Thalib r.a. juga pernah berkata: “Hindarkanlah sifat marah, karena awalnya adalah ketidakwajaran dan akhirnya penderitaan”.

Penderitaan yang terjadi akibat marah dari sudut medis adalah terganggunya kesehatan pelakunya, yang pada akhirnya dapat menyebabkan kematian. Hal tersebut dapat menimbulkan hipertensi, stress, depresi, maag, gangguan fungsi jantung, insomnia, bahkan serangan jantung yang dapat menyebabkan kematian secara mendadak jika hal itu mencapai tingkat tertentu.

Menurut Frank Rose (1976), para dokter memperingatkan bahwa marah dapat menyebabkan pembuluh-pembuluh darah jantung seseorang menyempit secara ketat. Penyempitan itu selanjutnya akan mengakibatkan serangan jantung yang mematikan.

Melihat bahaya yang ditimbulkan akibat marah memang sangat mengerikan. Setelah kita mengetahui bahaya tersebut, sudah seharusnya kita dapat menahan diri dari kemarahan yang akan membunuh diri yang kita cintai ini. Semoga!!!!!!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: